Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67- Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 2 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing  yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi Pembelajaran 1 sampai 6 Subtema 1. buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 52, 54, 55. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :


Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67

Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain.

Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima pesanan orang-orang yang ingin membuat baju. Meskipun berbeda pekerjaan,mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya lebih baik daripada pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.

Pekerjaan setiap orang berbeda. Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita lebih baik daripada pekerjaan orang lain. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.

Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 60

Ayo Berdiskusi

Amati gambar berikut!

Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab

 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67

Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?

Simbol sila kedua dari Pancasila adalah mata rantai. Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apa makna simbol sila kedua Pancasila?

Makna yang terkandung pada rantai yang berbentuk segi empat adalah laki-laki. Sedangkan perempuan dilambangkan sebagai lingkaran. Maksudnya kedua merupakan kombinasi yang saling terkait.

 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 61

Jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua Pancasila!

Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apakah sikap Pak Made dan Pak Toni mencerminkan sila kedua Pancasila?Jelaskan alasanmu!

Antara Pak Made dan Pak Toni meskipun pekerjaan mereka berbeda, Pak Toni dan Pak Made tidak pernah merasa bahwa pekerjaan mereka yang lebih baik. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.

Tulislah contoh-contoh sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!

1) Di lingkungan sekolah:
  • Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan antarteman di sekolah.
  • Melaksanakan program sekolah berkaitan dengan usaha kemanusiaan.
  • Menegur teman yang mencontek, tidak melaksanakan tugas piket, dan melaporkan teman yang  membolos atau menyalahgunakan uang sekolah.
  • Membantu teman yang sedang mengalami musibah, baik moral maupun material.
  • Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman.
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa.

2) Di lingkungan keluarga:
  • Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keluarga dengan penuh ketulusan sehingga terjadi suasana keluarga yang bahagia.
  • Menjaga nama baik keluarga di masyarakat.
  • Orang yang mudah menghargai; orang yang sebaya saling menghargai, yang tua menyayangi yang muda.
  • Setiap anggota keluarga melaksanakan hak dan kewajibannya.
  • Tidak saling mencampuri hak orang lain.
  • Saling membantu dan merasakan dalam kesusahan atau kegembiraan.
3) Di lingkungan masyarakat:
  • Membantu korban bencana alam.
  • Memberi sedekah kepada fakir miskin.
  • Tidak menyakiti dan memfitnah orang lain.
  • Meminta izin bila meminjam barang orang lain.
  • Berlaku sopan kepada orang lain.
  • Menjadi donor darah.
  • Mengumpulkan dana bela sungkawa untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.
  • Menjaga nama baik masyarakat, bangsa, dan negara.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 62

Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?

Dadu mengejek dan mentertawakan logat Bali Dayu.

Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?

Dayu merasa sedih karena diejek dan ditertawakan Dadu.

Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!

Tidak setuju apa yang dilakukan Dadu. Kita tidak boleh mengejek dan mentertawakan teman lain.

Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila?Jelaskan!

Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 63

Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu, diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang!

Persegi panjang merupakan salah satu bangun datar yang memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang. Berikut ini rumus luas dan keliling persegi panjang :
Luas = p x l
Keliling = 2 x ( p + l )
Ket :
p = panjang
l = lebar.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 64, 65, 66

Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm. Letakkan persegi satuan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi panjang.

Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi panjang persegi panjang?

9 buah persegi

Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang?

6 buah persegi

Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang?

54 buah persegi

Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi panjang, lebar, dan seluruh permukaan persegi?

Luas suatu bangun dapat dilakukan dengan menggunakan persegi satuan.

Persegi satuan diletakkan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi.

Banyaknya persegi menutupi seluruh permukaan merupakan hasil kali banyaknya persegi menutupi salah satu sisi.

Panjang sisi persegi dinotasikan dengan s dan luas persegi dinotasikan dengan L.

Panjang sisi satuannya cm dan luas satuannya cm x cm atau cm.

Jika banyaknya persegi satuan yang menutupi persegi panjang menyatakan luas persegi panjang, apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi panjang?

Jadi, banyaknya persegi satuan menutupi seluruh permukaan persegi menyatakan luas persegi.

Panjang persegi panjang dinamakan p. Lebar persegi panjang dinamakan l. Luas persegi panjang dinamakan L. Tulislah rumus luas persegi panjang.

L = p x l.

 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67

Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang.

Jadi, luas persegi panjang di atas = (7 x 5) satuan = 35 satuan. Jika L = Luas, p = ukuran panjang, dan l = ukuran lebar, maka L = p x l.

Apakah kamu menemukan cara menentukan luas persegi panjang yang berbeda?

Tidak Ada, karena memang ketentuan luas persegi panjang adalah panjang kali lebar (p×l)

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 67

Kerjakan latihan soal berikut.

1. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 5 cm dan lebar 3 cm.Hitunglah luas dan kelilingnya.

Luas = p x l = 5 x 3 = 15 cm²
Keliling = 2 (p+l) = 2(5+3) = 2 x 8 = 16 cm.

2. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 4 cm. Luas 36 cm². Hitunglah kelilingnya.

Lebar = Luas : panjang = 36 : 4 = 9 cm

Keliling = 2 (p+l) = 2(9+4) = 2 x 13 = 26 cm.

3. Diketahui persegi panjang mempunyai keliling 20 cm. Panjang sisinya adalah 2 cm. Hitunglah luasnya

Keliling = 2 (p+l) = 20 = 2 (2+..) = 20 = 2 (2 + 8)

Luas = p x l = 2 x 8 = 16 cm².

4. Diketahui persegi panjang, panjangnya adalah dua kali lebarnya. Lebarnya adalah 4 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.

Panjang = 2 x l = 2 x 4 = 8
Luas =  p x l = 8 x 4 = 32 cm²
Keliling = 2(p+l) = 2(8+4) = 2 x 12 = 24 cm.

5. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 3 kali lebarnya. Lebarnya 9 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.

Panjang = 3 x lebar = 3 x 9 = 27 cm.

Luas = p x l = 9 x 27 = 243 cm²

Keliling = 2 (p+l) = 2 (27+9) = 2 x 36 = 72 cm.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67 yang kami share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan tenaga pendidik. Salam Pintar dari

Previous
Next Post »