Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67- Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 2 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi Pembelajaran 1 sampai 6 Subtema 1. buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 52, 54, 55. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 kelas 4 Halaman 72, 73, 74
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 45, 46
- Kunci Jawaban Lengkap Kelas 4 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
- Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan
Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67
Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain.Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima pesanan orang-orang yang ingin membuat baju. Meskipun berbeda pekerjaan,mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya lebih baik daripada pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.
Pekerjaan setiap orang berbeda. Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita lebih baik daripada pekerjaan orang lain. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.
Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 60
Ayo Berdiskusi
Amati gambar berikut!Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab
Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?
Apa makna simbol sila kedua Pancasila?
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 61
Jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua Pancasila!Apakah sikap Pak Made dan Pak Toni mencerminkan sila kedua Pancasila?Jelaskan alasanmu!
Tulislah contoh-contoh sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
- Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan antarteman di sekolah.
- Melaksanakan program sekolah berkaitan dengan usaha kemanusiaan.
- Menegur teman yang mencontek, tidak melaksanakan tugas piket, dan melaporkan teman yang membolos atau menyalahgunakan uang sekolah.
- Membantu teman yang sedang mengalami musibah, baik moral maupun material.
- Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman.
- Mengembangkan sikap tenggang rasa.
2) Di lingkungan keluarga:
- Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua.
- Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keluarga dengan penuh ketulusan sehingga terjadi suasana keluarga yang bahagia.
- Menjaga nama baik keluarga di masyarakat.
- Orang yang mudah menghargai; orang yang sebaya saling menghargai, yang tua menyayangi yang muda.
- Setiap anggota keluarga melaksanakan hak dan kewajibannya.
- Tidak saling mencampuri hak orang lain.
- Saling membantu dan merasakan dalam kesusahan atau kegembiraan.
- Membantu korban bencana alam.
- Memberi sedekah kepada fakir miskin.
- Tidak menyakiti dan memfitnah orang lain.
- Meminta izin bila meminjam barang orang lain.
- Berlaku sopan kepada orang lain.
- Menjadi donor darah.
- Mengumpulkan dana bela sungkawa untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.
- Menjaga nama baik masyarakat, bangsa, dan negara.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 62
Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?
Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!
Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila?Jelaskan!
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 63
Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu, diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang!Luas = p x l
Keliling = 2 x ( p + l )
Ket :
p = panjang
l = lebar.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 64, 65, 66
Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm. Letakkan persegi satuan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi panjang.Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi panjang persegi panjang?
Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang?
Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang?
Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi panjang, lebar, dan seluruh permukaan persegi?
Persegi satuan diletakkan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi.
Banyaknya persegi menutupi seluruh permukaan merupakan hasil kali banyaknya persegi menutupi salah satu sisi.
Panjang sisi persegi dinotasikan dengan s dan luas persegi dinotasikan dengan L.
Panjang sisi satuannya cm dan luas satuannya cm x cm atau cm.
Jika banyaknya persegi satuan yang menutupi persegi panjang menyatakan luas persegi panjang, apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi panjang?
Panjang persegi panjang dinamakan p. Lebar persegi panjang dinamakan l. Luas persegi panjang dinamakan L. Tulislah rumus luas persegi panjang.
Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang.
Jadi, luas persegi panjang di atas = (7 x 5) satuan = 35 satuan. Jika L = Luas, p = ukuran panjang, dan l = ukuran lebar, maka L = p x l.
Apakah kamu menemukan cara menentukan luas persegi panjang yang berbeda?
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 67
Kerjakan latihan soal berikut.1. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 5 cm dan lebar 3 cm.Hitunglah luas dan kelilingnya.
Keliling = 2 (p+l) = 2(5+3) = 2 x 8 = 16 cm.
2. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 4 cm. Luas 36 cm². Hitunglah kelilingnya.
Keliling = 2 (p+l) = 2(9+4) = 2 x 13 = 26 cm.
3. Diketahui persegi panjang mempunyai keliling 20 cm. Panjang sisinya adalah 2 cm. Hitunglah luasnya
Luas = p x l = 2 x 8 = 16 cm².
4. Diketahui persegi panjang, panjangnya adalah dua kali lebarnya. Lebarnya adalah 4 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.
Luas = p x l = 8 x 4 = 32 cm²
Keliling = 2(p+l) = 2(8+4) = 2 x 12 = 24 cm.
5. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 3 kali lebarnya. Lebarnya 9 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.
Luas = p x l = 9 x 27 = 243 cm²
Keliling = 2 (p+l) = 2 (27+9) = 2 x 36 = 72 cm.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60, 62, 63, 64, 66, 67 yang kami share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan tenaga pendidik. Salam Pintar dari