Resep - Cara Membuat Urap

Urap merupakan hidangan khas dari daerah Pasundan. Hidangan ini terbagi dalam beragam jenis sayur umpamanya taoge, kacang panjang, wortel, mentimun, daun kenikir, daun singkong ataupun daun kemangi yang digabungkan parutan kelapa muda yang dibumbui serta cabe merah fresh yang dihaluskan. Cita terasa telah pasti nikmat serta mampu membuat lidah Anda bergoyang dikarenakan rasa pedas bumbu di dalamnya. Kudapan ini umum dikonsumsi segera atau dibarengi seporsi nasi hangat berbarengan taburan petai cina serta rempeyek udang atau rempeyek teri. Makanan ini betul-betul menggugah selera makan kita.
Resep - Cara Membuat Urap
Dipandang dari segi kesehatan, hidangan ini adalah type makanan yang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi karena terbagi dalam beragam type sayur-mayur yang pasti kaya serat yang berguna untuk membuat lancar organ pencernaan serta peremajaan sel sekalian anti penuaan awal. Di samping itu, urap bisa digabungkan dengan mencampurkan rebusan sayur brokoli maupun bunga pepaya gantung. Zat gizi yang ada pada urap ini sangatlah bermacam. Masing-masing sayur-mayur mempunyai kandungan vitamin A, B, C, serta E. Vitamin-vitamin itu dapat mencegah gempuran radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan awal serta menghindar timbulnya sel kanker. Sebagian mineral yang ada pada sayur-mayur umpamanya fosfor, zat besi, seng, potassium serta mangan dapat mengakomodasi metabolisme badan serta bersihkan darah kotor sekalian memperkuat tulang dan jaringan sel.

Jenis hidangan urap yang lain yaitu urap Aceh. Hidangan urap ini menggunakan bumbu kacang tanah pada parutan kelapa muda. Kacang tanah sering dianjurkan dikonsumsi dalam menolong meminimalkan kemungkinan masalah jantung koroner karena mempunyai kandungan asam lemak tidak jemu. Anda bisa coba mengonsumsi 100 gr kacang tanah sepanjang 1 minggu sejumlah 5 kali. Hal itu dapat pelihara pompa jantung bekerja dengan harusnya dengan demikian kemungkinan masalah jantung bisa dikurangi sampai 40 persen.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

1 ikat sayur kangkung
1 ikat sayur bayam
1 ikat kacang panjang
1/4 kg kol putih
1 ons taoge

Bahan bahan untuk bumbu :

1 butir kelapa dikupas lalu diparut kasar
3 cabai merah
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1 sendok teh terasi
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah disisir
Penyedap rasa jika ingin


  • Membuat bumbu, cabai merah, bawang putih, bawang merah serta garam diulek hingga lembut, lalu imbuhkan gula merah, terasi serta kencur. Ulek hingga seluruhnya bahan halus.
  • Imbuhkan bumbu halus pada parutan kelapa, campur sampai rata. Imbuhkan daun jeruk. Parutan kelapa lalu dikukus hingga masak, sisihkan.
  • Sayuran disiangi serta lalu di rebus sendiri-sendiri hingga mendidih. Tiriskan.
  • Rajang-rajang sayuran sesuai sama apa yang diinginkan serta letakkan dalam baskom. Taburkan bumbu urap, campur sampai rata.
  • Urap sayuran siap di sajikan.