Resep - Cara Membuat Dodol Garut Dan Dodol Nanas

Dodol adalah jenis makanan camilan yang digemari banyak orang. Karena kadar airnya cukup sedikit, dodol juga awet disimpan untuk jangka waktu lama. Lama tidaknya daya tahan dodol ini juga sering ditentukan oleh komposisi bahan, pengaruh mikroba, cara pemrosesan, cara pengemasan yang digunakan dan penggunaan zat pengawet. Pada pemrosesan dodol, penganan agak basah ini yaitu jenis makanan yang memanfaatkan bahan pencampur yaitu tepung beras ketan. Tepung beras ketan tersebut digunakan menjadi bahan campuran plus bahan pengikat agar didapat tekstur yang diharapkan.
Resep Kue, resep dodol labu kuning, resep dodol ketan, resep dodol buah, resep dodol pepaya, resep dodol nanas, resep dodol jagung, resep dodol tape, resep dodol agar,
Resep - Cara Membuat Dodol Garut Dan Dodol Nanas
1. Dodol Garut.

Dodol garut bisa jadi istilah yang sudah tidak asing lagi pada pendengaran anda. Dodol garut di samping cita rasanya yang manis pun tak sulit cara membuatnya. Simak resep dodol garut yang di bawah ini.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

1/2 kg tepung ketan
1/4 ltr santan kental
1/2 sdt garam
50 g tepung beras
1/4 kg gula merah
1/4 kg gula pasir
3/4 ltr santan cair

Cara membuat dodol Garut adalah sebagai berikut :
  • Campur jadi satu tepung ketan, tepung beras plus garam. Aduk sampai rata. Sisihkan dulu.
  • Masak gula merah, gula pasir plus santan cair sampai mendidih dan setelah itu disaring.
  • Masukkan campuran gula dan santan tadi pada campuran tepung ketan dan tepung beras. Aduk terus hingga jadi seperti bubur.
  • Masukkan santan kental dengan cara bertahap sedikit sedikit.
  • Aduk hingga mengental dan membuahkan minyak, lalu angkat dari api.
  • Adonan dodol garut siap dicetak di loyang. Biasanya dipakai loyang berbentuk kotak memanjang. Dinginkan dan kemudian diiris-iris. Sebaiknya irislah memanjang, kemudian bungkus menggunakan plastik.

2. Dodol nanas

Selain dodol garut, ada lagi satu jenis dodol yang enak yakni dodol nanas. Berikut resep dodol nanas yang mungkin anda ingin membuatnya.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

Nanas matang
Tepung beras ketan
Santan kelapa, untuk satu kg nanas membutuhkan satu butir kelapa
Gula Pasir menurut selera

Peralatan yang diperlukan :

Wajan
Adukan dari kayu panjang
Blender
Kompor
Cetakan loyang

  • Kupas nanas dan bersihkan matanya. Selanjutnya nanas dicuci dan diiris kecil kecil supaya mudah diblender.
  • Nanas diblender sampai hancur atau bila tak ada blender anda bisa menggunakan parut untuk memarut nanas. Tambahkan santan kental , tepung beras ketan dan gula pasir sesuai selera. Blender adonan agar bahan tercampur rata.
  • Masak adonan sampai cukup kering sembari terus diaduk supaya tak lengket di wajan.
  • Ambil adonan dari wajan dan tuangkan pada cetakan loyang. Tunggu sampai dingin untuk selanjutnya dodol diiris-iris dengan ukuran sesuai keinginan. Agar makin cantik sekaligus higenis kemas dodol menggunakan plastik. Dodol siap dinikmati.